Cara Membersihkan Print Head Epson yang Benar

Cara Membersihkan Print Head Epson yang Benar – Jika sobat memiliki printer Epson dan hasil cetak sobat kabur, tidak lengkap, atau bergaris-garis, kemungkinan sobat memiliki nosel yang tersumbat – masalah umum yang dialami banyak pengguna dengan printer Epson. Print head tersumbat seiring waktu karena sejumlah kecil sisa tinta mengering dan terkumpul di nozel. Berhati-hati dalam mengganti kartrid segera saat peringatan tinta tinggal sedikit mati dapat sangat membantu mencegah tinta mengering di dalam nosel, tetapi sobat mungkin masih mendapatkan satu atau beberapa kartrid mungkin masih tersumbat karena alasan yang berbeda. Kepala cetak yang tersumbat dapat terjadi terlepas dari apakah sobat menggunakan kartrid Epson atau aftermarket asli. Kali ini Seputarprinter akan memberikan tips mengenai Cara Membersihkan Print Head Epson yang Benar :

 

Cara Membersihkan Print Head Epson yang Benar

 

Cara membersihkannya adalah dengan periksa nozel sobat dan jalankan siklus pembersihan menggunakan menu pada printer sobat sebelum sobat membuka unit dan membersihkannya secara manual. Model printer Epson memiliki fitur siklus pembersihan yang cukup efisien yang biasanya akan membersihkan nozel dalam satu atau dua siklus. Namun, perlu diingat bahwa model yang lebih baru memiliki siklus pembersihan yang lebih lama yang sayangnya menggunakan lebih banyak tinta setiap saat. Berikut cara memulainya:

  • Sebelum sobat melakukan hal lain, pastikan printer tidak menunjukkan kesalahan apa pun pada layar LCD.
  • Tekan tombol Home dan pilih “Setup” lalu pilih “Maintenance”.
  • Pilih “Pemeriksaan Nozzle Kepala Cetak”
  • Printer sobat akan menghasilkan halaman dengan empat kisi berwarna yang dirancang untuk menggambarkan nozel mana yang diblokir (dan mana yang tidak).
  • Jika tidak ada celah, pilih selesai.
  • Jika ada celah atau beberapa garis kabur, pilih “Bersihkan kepala cetak” dan lanjutkan.

HARAP DICATAT: Proses ini khusus untuk printer model Epson Workforce, Artisan, dan SureColor, tetapi dapat diterapkan secara luas di beberapa model yang berbeda, termasuk sebagian besar model Expression. Silakan berkonsultasi dengan manual printer sobat jika sobat memiliki pertanyaan tentang printer khusus sobat.

 

Bersihkan Spons dengan Air

  • Matikan printer dan buka bagian atasnya. sobat seharusnya dapat melihat unit kepala cetak.
  • Cari tuas plastik kecil, yang akan muncul saat printer tidak mencetak, di sebelah kiri rakitan. Pindahkan ke depan dan ke bawah untuk melepaskan printhead, lalu dorong unit ke kanan. Ini mungkin hanya bergerak satu inci atau kurang pada awalnya, tetapi ketika sobat mendorongnya hingga berhenti, itu akan berbunyi klik. Ini sepenuhnya melepaskan rakitan sehingga sobat dapat mendorongnya ke samping.
  • Jika tidak ada tuas di sebelah unit kepala cetak sobat, cetak halaman dengan bagian atas di atas dan cabut printer dengan unit di bagian tengah tidak terkunci.
  • sobat akan melihat spons yang menyimpan tinta dari kartrid di kereta. Dengan menggunakan pipet atau jarum suntik plastik, rendam spons dengan air suling atau larutan Windex.
  • Pindahkan rakitan kembali ke atas spons sejauh mungkin.
  • Biarkan air suling meresap setidaknya selama lima belas menit. Untuk hasil terbaik, pertimbangkan untuk membiarkan printer terendam semalaman.
  • Cetak enam hingga delapan halaman yang padat dengan teks dan gambar sampai hasil cetakan sobat bersih dan tajam. Jika sobat masih belum mendapatkan hasil yang baik, pertimbangkan untuk melanjutkan ke langkah berikutnya dalam membersihkan kepala cetak sobat.
Cara Membersihkan Print Head Epson yang Benar

Cara Membersihkan Print Head Epson yang Benar

Air Distilasi di Port Tinta

  • Keluarkan kartrid tinta dari kereta kepala cetak sobat.
  • Dengan kartrid tinta dilepas, sobat akan melihat lekukan kecil berbentuk kerucut yang membawa tinta dari kartrid ke kepala cetak. Ini adalah port tinta, dan harus ada satu untuk setiap kartrid warna / hitam.
  • Dengan menggunakan penetes mata atau jarum suntik plastik, masukkan beberapa tetes air suling atau pembersih kepala cetak ke dalam port tinta yang mungkin terpasang. Jangan gunakan pembersih ke semua port! Jika sobat tidak yakin, warna yang mana, lihat di bagian bawah port tinta untuk sisa warna. Biasanya, kuning adalah warna di paling kanan, dan di kiri adalah magenta, cyan, dan, terakhir, hitam di paling kiri.
  • Ganti kartrid tinta dan tunggu printer menyiapkan kartrid baru. Jika ada air atau larutan yang menetes dari kepala cetak, seka dengan handuk kertas sebelum melanjutkan.
  • Cetak enam hingga delapan halaman teks dan gambar untuk menguji kejelasan. Masih belum mendapatkan hasil yang bagus? Coba prosedur berikut ini:
Cara Membersihkan Print Head Epson yang Benar

Cara Membersihkan Print Head Epson

Membersihkan Kepala Cetak dengan Handuk Kertas

  • Matikan printer sobat.
  • Sobek satu lembar handuk kertas menjadi dua dan lipat memanjang sampai lebarnya sekitar satu setengah inci.
  • Buka bagian atas printer sobat dan cari roller karet yang mengangkut kertas melalui sistem pengumpanan. Sistem pengumpanan ini adalah tempat printhead berjalan saat mencetak.
  • Kencangkan handuk kertas ke rol dengan selotip dan gunakan beberapa tetes air suling atau pembersih di dekat bagian tengah handuk.
  • Pindahkan unit kepala cetak di atas tisu dapur dan biarkan selama setidaknya lima belas menit. Beri waktu agar tinta kering pada kepala cetak mulai larut. Pada waktunya, sobat akan melihat kumpulan tinta hitam di handuk kertas — ini lebih dari sekadar tinta hitam, ini sebenarnya adalah kombinasi dari semua warna ke dalam satu kumpulan.
  • Ulangi dengan handuk kertas basah yang baru sampai sobat mulai melihat warna individual dari setiap port tinta. sobat mungkin perlu mengulangi proses tersebut beberapa kali untuk melihat hasil yang baik.
  • Selanjutnya, sobat ingin menghidupkan kembali printer sobat. Sebelum sobat melakukannya, pastikan unit kepala cetak telah kembali ke posisi siapnya, bukan berada di tengah.
  • Cetak beberapa halaman untuk memastikan masing-masing port dibersihkan.

 

Kecepatan pencetakan yang lebih cepat dan gambar yang lebih tajam berarti printhead sobat mungkin rusak. Dengan semakin banyak printer Epson yang diproduksi dengan kemampuan ini, semakin baik sobat mengetahui cara mencegah nozel tersumbat. Sekian informasi mengenai bagaimana Cara Membersihkan Print Head Epson yang Benar semoga dapat bermanfaat dan membantu.

Cara Mengganti Tinta di Printer Canon
Cara Mengganti Tinta di Printer Canon
Cara Mengganti Tinta di Printer Canon – Mengganti
Bagaimana Cara Membersihkan Nosel yang Tersumbat
Bagaimana Cara Membersihkan Nosel yang Tersumbat
Bagaimana Cara Membersihkan Nosel yang Tersumbat – Karena
Tips Memilih Printer Rumah Awet 2020
Tips Memilih Printer Rumah Awet 2020
Tips Memilih Printer Rumah Awet 2020 – Printer
Tips Mudah Instal Printer yang Sama Dua Kali
Tips Mudah Instal Printer yang Sama Dua Kali
Tips Mudah Instal Printer yang Sama Dua

Leave a reply "Cara Membersihkan Print Head Epson yang Benar"


Top
error: Content is protected !!