Cara Membersihkan Printhead Printer Epson

Cara Membersihkan Printhead Printer Epson – Epson adalah produsen printer komputer dan peralatan terkait gambar terbesar di dunia. Ini memiliki berbagai macam printer komputer rumah dan kantor. Bisnis lebih memilih printer Epson karena menyederhanakan proses pencetakan dan menawarkan berbagai fitur konektivitas, sehingga membuat printer Epson kompatibel dengan berbagai perangkat.

Saat printer Epson Anda mencetak garis yang tidak lengkap, tercoreng atau pudar, kemungkinan ada nosel yang tersumbat. Meskipun printer Epson memiliki kepala cetak bawaan permanen, nosel yang tersumbat adalah masalah yang sangat umum terjadi. Kepala cetak bawaan permanen memungkinkan Anda memilih kepala cetak berkualitas tertinggi. Jika Anda telah mengganti Printhead Anda setelah garansi Anda berakhir, Anda harus tahu bahwa Printhead baru lebih mahal daripada membeli printer baru.

Baik menggunakan kartrid Epson Kompatibel atau kartrid Epson asli, itu selalu mengarah ke satu atau lebih nozel tersumbat dan tersumbat yang perlu dibersihkan. Terkadang, bahkan siklus pembersihan printer Epson tidak dapat menyelesaikan masalah. Masalah penyumbatan kepala cetak tidak dapat dihindari karena sisa tinta mengering seiring waktu dan mengumpul di nosel. Mengganti kartrij tinta dengan segera ketika Anda melihat pemberitahuan tinta rendah adalah hal yang sangat bijaksana untuk dilakukan. Karena ini membantu nosel tidak mengering tetapi bagaimanapun juga penyumbatan masih dapat terjadi karena beberapa alasan lain. Berikut langkah-langkah bagaimana Cara Membersihkan Printhead Printer Epson.

 

Cara Membersihkan Printhead Printer Epson

 

Printhead Cleaning Cycle

Epson sangat menyadari masalah penyumbatannya dan mempertimbangkan bahwa ia telah memasukkan siklus pembersihan kepala cetak yang sangat efisien dalam semua fitur model printernya. Siklus pembersihan ini biasanya membersihkan nozel dalam satu atau dua kali. Namun, model terbaru menggunakan lebih banyak tinta daripada model lama karena siklus pembersihannya lebih lama. Langkah-langkahnya dijelaskan di bawah ini:

  1. Sebelum memulai, pastikan tidak ada pemberitahuan atau peringatan dari printer pada layar Anda.
  2. Pergi ke tombol home, klik setup dan kemudian klik maintenance.
  3. Kemudian, pilih “Pemeriksaan Nozzle Kepala Cetak” dari daftar.
  4. Setelah Anda menekan tombol tersebut, Anda akan mendapatkan halaman dari printer Anda dengan 4 kisi berwarna untuk menentukan atau menentukan nosel mana yang tersumbat dan mana yang tidak.
  5. Jika tidak ada celah, klik selesai.

    Cara Membersihkan Printhead Printer Epson

    Printer Epson

  6. Jika ada celah atau Anda melihat garis pudar kemudian pilih tombol “bersihkan Printhead” dan tekan lanjutkan. Disarankan untuk tidak mematikan printer Anda saat siklus pembersihan sedang berjalan karena akan merusak printer Anda secara permanen.

 

Poin Yang Perlu Diingat
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar tidak terjadi penyumbatan print head Epson.

  1. Jangan menjalankan lebih dari 3 siklus pada siklus pembersihan kepala cetak Epson, seperti yang disebutkan sebelumnya, siklus pembersihan merek khusus ini telah meningkat seiring waktu. Epson meningkatkan konsumsi tinta secara konsisten dengan setiap model yang diperbarui untuk membersihkan semua penyumbatan. Namun, karena alasan yang sama, tinta dari penyumbatan mulai mengotori Printhead setelah dua atau tiga kali siklus pembersihan. Itulah mengapa disarankan, untuk tidak menjalankan siklus pembersihan Epson lebih dari 3 kali dalam satu waktu.
  2. Daripada menjalankan siklus pembersihan Printhead untuk ketiga kalinya, lebih baik mencetak 10 halaman atau lebih untuk membersihkan nozel, jika masih tidak tersumbat maka itu isyarat bagi Anda untuk berhenti membersihkan melalui siklus dan beralih ke pembersihan manual.
  3. Printer Epson menjalankan siklus pembersihan mini setiap kali dinyalakan, oleh karena itu disarankan untuk mematikannya pada malam hari. Ini tidak hanya menghemat energi tetapi juga membantu tinta mengalir melintasi print head setelah tidak digunakan untuk beberapa saat. Jika printer Anda selalu menyala, Anda akan menyaksikan kepala cetak lebih sering tersumbat.
  4. Bagi pengguna printer Epson, disarankan untuk mencetak beberapa halaman berwarna minimal seminggu sekali. Ini mencegah tinta mengering di nosel. Secara umum masa pakai produk printer yang digunakan sehari-hari lebih tahan lama dibandingkan printer yang jarang digunakan. Jika Anda hanya menggunakan printer Anda dua kali atau kurang dalam sebulan atau kartrid Anda bertahan lebih dari 6 bulan, maka Anda harus memilih merek lain. Pastinya, Epson bukan untuk Anda! Pilih printer laser.
  5. Gunakan hanya kartrid berkualitas tinggi karena printer Epson dibuat dengan presisi dan dikenal menghasilkan cetakan berkualitas tinggi dan itu akan menurunkan kualitasnya.
  6. Jika kualitas cetak masih sama setelah menjalankan siklus pembersihan print head dua hingga tiga kali, biarkan printer Anda istirahat beberapa saat, Epson menyarankan istirahat setidaknya enam jam. Setelah itu, jalankan siklus pembersihan lagi tetapi jangan buang printer Anda karena akan memperburuk penyumbatan Anda daripada memperbaikinya.
  7. Hal penting lainnya yang perlu diingat adalah tanggal kedaluwarsa garansi, jika Anda masih dalam garansi, hubungi pusat bantuan Epson, dan jika tidak, lakukan pembersihan manual.

 

Membersihkan Spons

  1. Pertama-tama, matikan printer dan buka bagian atas printer untuk melihat unit kepala cetak.
  2. Di sisi kiri unit Printhead, Anda akan melihat tunggangan plastik kecil muncul, jika printer tidak berfungsi. Untuk melepaskan print head, tekan ke bawah dengan gerakan maju lalu dorong ke arah kanan. Ini hampir tidak akan bergerak satu inci tetapi Anda harus mendorongnya sampai berhenti dan Anda akan mendengar bunyi klik. Ini benar-benar akan melepaskan unit kepala cetak untuk meletakkannya di samping.
  3. Kemudian, jika Anda tidak melihat tuas di sebelah unit kepala cetak, cetak halaman yang menjaga bagian atas terbuka dan unit kepala cetak tidak terkunci di bagian tengah.
  4. Spons yang menyimpan tinta kartrid di dalam kereta juga ditempatkan di dekat rakitan. Anda dapat menggunakan jarum suntik plastik seperti yang ditunjukkan di bawah ini atau pipet yang diisi dengan air suling atau Pembersih kepala cetak untuk menjenuhkan spons.
  5. Kembalikan perakitan ke tempatnya dengan menggerakkan ke paling kanan.
  6. Biarkan cairan mengeras setidaknya selama 15 menit. Tip: untuk hasil yang lebih baik, rendam semalaman.
  7. Untuk memastikan semuanya bersih dan bagus, cetak enam atau tujuh halaman dengan grafik dan teks. Jika Anda masih belum mendapatkan hasil yang diinginkan, lanjutkan ke langkah berikutnya.
Cara Membersihkan Printhead Printer Epson

Printhead

Membersihkan Port Tinta

  1. Buka bagian atas printer Anda dan keluarkan kartrid dari kereta Printhead.
  2. Saat Anda melepas kartrid, akan ada lekukan berbentuk kerucut dan kecil, yang digunakan untuk mentransfer tinta dari kartrid ke Printhead yang disebut port tinta. Akan ada satu port tinta untuk setiap kartrid warna atau hitam.
  3. Mirip dengan pembersihan spons, Anda dapat menggunakan jarum suntik plastik atau penetes mata yang diisi dengan jack Printers. Pembersih kepala cetak untuk membersihkan. Namun, untuk pembersihan port tinta Anda dapat meletakkan beberapa tetes pembersih kepala cetak ke dalam port tinta yang terpasang. Jika Anda tidak yakin dengan warna di port, jangan gunakan pembersih kepala cetak di semua port.
  4. Untuk memeriksa, warna mana yang terlihat di bagian bawah port tinta. Biasanya, hitam ada di paling kiri, dan di kanan cyan, magenta, dan terakhir kuning di paling kanan.
  5. Sebelum mengganti kartrid tinta, pastikan bahwa Pembersih kepala cetak tidak menetes dari kepala cetak (jika tidak, seka dengan handuk atau lap) dan kemudian tunggu hingga printer menerima kartrid baru sebelum melanjutkan.
  6. Untuk menguji kejelasan, cetak beberapa halaman dengan teks dan juga gambar. Masih belum puas dengan hasilnya? Pindah ke metode selanjutnya.

 

Cara Membersihkan Printhead Printer Epson

  1. Matikan printer.
  2. Potong kertas tisu menjadi dua dan memanjang, lipat dengan lebar sekitar satu setengah inci.
  3. Buka bagian atas printer Anda, Anda akan melihat roller karet di sana, itu mentransfer kertas melintasi sistem umpan (tempat Printhead berjalan selama pencetakan). Rekatkan tisu pada penggulung karet dan semprotkan beberapa tetes pembersih kepala cetak Printers jack di tengah handuk.
  4. Selanjutnya, pindahkan rakitan Printhead di atas handuk kertas dan biarkan selama hampir lima belas menit. Selain itu, biarkan tinta kering pada Printhead larut. Saat Anda melepas tisu, Anda akan melihat tinta hitam di atasnya. Ini bukan hanya tinta hitam yang diolesi tetapi merupakan campuran dari semua warna.

    Cara Membersihkan Printhead Printer Epson

    Cara Membersihkan Printhead Printer Epson

  5. Ulangi proses pembersihan yang sama dengan meletakkan handuk yang dibasahi pada roller karet sampai Anda mulai melihat setiap warna secara terpisah. Anda mungkin harus melakukannya beberapa kali untuk mencapai hasil yang Anda inginkan.
  6. Setelah dibersihkan, kembalikan unit Printhead ke tempatnya dan hidupkan printer.
  7. Sekali lagi, cetak beberapa halaman untuk memeriksa semua port bebas tinta.

 

Itulah beberapa Cara Membersihkan Printhead Printer Epson yanng bisa dilakukan sendiri di rumah dengan mudah. Jika sudah melakukan seluruh cara diatas namun printer masih belum bisa berfungsi dengan baik maka bawalah printer ke tempat reparasi terpercaya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, terimakasih 🙂

Cara Mencetak ke PDF di Windows
Cara Mencetak ke PDF di Windows
Cara Mencetak ke PDF di Windows – Tidak
Pengaturan Printer di Windows 10
Pengaturan Printer di Windows 10
Pengaturan Printer di Windows 10 – Windows 10
Cara Menghapus Kode Kesalahan Canon
Cara Menghapus Kode Kesalahan Canon
Cara Menghapus Kode Kesalahan Canon –  Kode
Harga Printer Brother DCP J572DW & Featurenya
Harga Printer Brother DCP J572DW & Featurenya
Harga Printer Brother DCP J572DW – Brother telah

Leave a reply "Cara Membersihkan Printhead Printer Epson"


Top
error: Content is protected !!