Cara Membuat Pembuangan Tinta Printer dengan Mudah

Seputarprinter.com, Cara Membuat Pembuangan Tinta Printer – Para pengguna printer dengan model inkjet tentunya sudah paham pentingnya memasang pembuangan tinta, apalagi jika printer yang digunakan menggunakan sistem infus. Cara membuat pembuangan tinta printer ini mudah dilakukan. anda hanya perlu menyiapkan selang yang digunakan sebagai saluran untuk membuang tinta dan tabung seperti botol bekas untuk menampung bekas tinta. Pembuangan ini dibutuhkan karena biasanya penampung yang terdapat pada printer yang terbuat dari gabus hanya bertahan sampai 6 bulan.

Jika printer tidak dilengkapi dengan pembuangan ini, maka resiko yang dapat terjadi adalah konsleting arus listrik pada printer. Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat fasilitas pembuangan tinta pada printer.

Cara Membuat Pembuangan Tinta Printer

Cara Membuat Pembuangan Tinta Printer :

  • Pertama

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat pembuangan tambahan tinta, yaitu selang dan tabung untuk menampung bekas tinta. Siapkan juga kain untuk mengelap jika nantinya tinta akan jatuh tercecer ke lantai. Anda bisa menggunakan selang yang digunakan sebagai selang infus dengan panjang sekitar 20 cm. sedangkan untuk tabung yang digunakan untuk tempat penyimpanan pembuangan tinta, anda bisa menggunakan botol bekas minuman. Cara membuat pembuangan tinta printer selanjutnya adalah membuka penutup printer yang ada di bagian belakang. Biasanya selang tempat pembuangan tinta pada setiap jenis dan tipe printer sama-sama terletak di bagian belakang printer.

Lihat juga: Tutorial Lengkap Cara Memasang Infus Printer

  • Kedua

Carilah selang putih yang ada di bagian belakang tersebut. Posisi selang terletak di belakang dudukan cartridge yang ditemukan ketika printer tidak dalam keadaan dinyalakan. Untuk semua tipe dan jenis printer, selang ini terletak pada bagian roll cleaning. Jika anda sudah menemukan selang tersebut, tarik selang secara perlahan agar tidak sampai lepas dari bagian rolling. Karena jika sampai terlepas anda harus membongkar seluruh bagian printer untuk memasangnya kembali. Setelah anda menemukan selang tersebut, anda bisa melanjutkan cara membuat pembuangan tinta printer langkah kedua yaitu, menyambungkannya dengan selang baru yang telah anda siapkan yang digunakan sebagai saluran pembuangan tinta printer bekas.

  • Ketiga

Langkah terakhir yang dilakukan, buat lubang kecil pada tutup printer untuk jalur selang pembuangan tinta printer. Anda bisa membuat lubang dengan menggunakan bor ataupun solder dengan ukuran yang pas dengan ukuran selang. Masukkan selang ke dalam lubang yang telah dibuat pada tutup printer, kemudian pasang kembali tutup belakang printer seperti semula. Sambungkan selang pembuangan dengan botol yang telah disiapkan untuk saluran penampungan pembuangan tinta. Anda bisa mencobanya dengan cara mencetak beberapa kertas untuk melihat apakah sambungan antara selang terpasang dengan baik.

Selesai sudah cara membuat pembuangan tinta printer yang mudah dan cepat untuk membuang tinta bekas pada printer anda.

Cara Cleaning Printer HP Laserjet Juli 2018
Cara Cleaning Printer HP Laserjet Juli 2018
Cara Cleaning Printer HP Laserjet – Saat
Simak 7 Cara Cleaning Printer HP Deskjet Mudah dan Aman
Simak 7 Cara Cleaning Printer HP Deskjet Mudah dan Aman
Cara Cleaning Printer HP Deskjet – Sebagian
Cara Mengatasi Error E05 di Canon MP287 Juli 2018
Cara Mengatasi Error E05 di Canon MP287 Juli 2018
Cara Mengatasi Error E05 di Canon MP287
Cara Mengisi Tinta Printer Epson L210 Juli 2018
Cara Mengisi Tinta Printer Epson L210 Juli 2018
Cara Mengisi Tinta Printer Epson L210 –
Tags: cara membuat jalur pembuanagan printer hp, cara membuat pembuangan printer, cara membuat pembuangan tinta printer, membuat pembuangan tinta canon mg 2570, Membuat pembuangan tinta printer canon mg 2570, pengertian petuntuk pembuangan tinta otomatis di printer epson l360, tinta pembuangan printer

Leave a reply "Cara Membuat Pembuangan Tinta Printer dengan Mudah"


Top
error: Content is protected !!