Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi Komputer Pada Windows 7

Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi Komputer Pada Windows 7 – Saat sobat menghubungkan printer ke PC sobat atau menambahkan printer baru ke jaringan rumah sobat, sobat biasanya dapat mulai mencetak segera. Windows mendukung sebagian besar printer, dan sobat mungkin tidak perlu keluar dari cara untuk menginstal perangkat lunak printer khusus. Jika sobat menggunakan Windows 8.1 dukungan dan driver printer tambahan tersedia melalui Pembaruan Windows. Bagi sobat Seputarprinter yang belum mengetahuinya, berikut kita rangkumkan Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi Komputer Pada Windows 7 :

 

Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi Komputer Pada Windows 7

Dalam kebanyakan kasus, yang harus sobat lakukan untuk menyiapkan printer adalah menghubungkannya ke PC sobat. Cukup hubungkan kabel USB dari printer sobat ke port USB yang tersedia di PC sobat, dan hidupkan printer. Jika sobat memiliki printer nirkabel baru yang belum ditambahkan ke jaringan rumah sobat, baca instruksi yang menyertai printer untuk mempelajari cara menambahkannya. Periksa situs web produsen printer untuk mempelajari lebih lanjut dan mendapatkan perangkat lunak terbaru untuk printer sobat.

Geser ke dalam dari tepi kanan layar, ketuk Pengaturan, lalu ketuk Ubah pengaturan PC. (Jika sobat menggunakan mouse, arahkan ke sudut kanan bawah layar, gerakkan penunjuk mouse ke atas, klik Pengaturan, lalu klik Ubah pengaturan PC.) Ketuk atau klik PC dan perangkat, lalu ketuk atau klik Perangkat. Jika printer sobat diinstal, itu akan muncul di bawah Printer. Jika printer sobat tidak terdaftar, ketuk atau klik Tambahkan perangkat, lalu pilih printer sobat untuk menginstalnya.

Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi Komputer Pada Windows 7

Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi Komputer Pada Windows 7

Tutorial menginstal :

  • Klik tombol Mulai, dan kemudian, pada menu Mulai, klik Perangkat dan Printer.
  • Klik Tambah printer.
  • Di panduan Tambah Printer, klik Tambah printer lokal.
  • Pada halaman Pilih porta printer, pastikan bahwa tombol Gunakan porta yang ada dan porta printer yang disarankan dipilih, lalu klik Berikutnya.
  • Pada halaman Instal driver printer, pilih pabrik dan model printer, lalu klik Next.
  • Jika printer sobat tidak terdaftar, klik Pembaruan Windows, lalu tunggu sementara Windows memeriksa driver tambahan.
  • Jika tidak ada yang tersedia dan sobat memiliki CD instalasi, klik Have Disk, dan kemudian browse ke folder di mana driver printer berada. (Untuk bantuan tambahan, bacalah manual printer.)
  • Selesaikan langkah-langkah tambahan di wisaya, dan kemudian klik Selesai.

 

Tips :

Sobat dapat mencetak halaman uji untuk memastikan printer bekerja dengan benar. Jika sobat telah menginstal printer tetapi tidak berhasil, periksa situs web produsen untuk informasi pemecahan masalah atau pembaruan driver.

Untuk menginstal jaringan, nirkabel, atau printer Bluetooth
Jika sobat mencoba menambahkan printer jaringan di kantor, biasanya sobat memerlukan nama printer tersebut. Jika sobat tidak dapat menemukannya, hubungi administrator jaringan sobat.

  • Klik tombol Mulai, dan kemudian, pada menu Mulai, klik Perangkat dan Printer.
  • Klik Tambah printer.
  • Di panduan Tambah Printer, klik Tambah jaringan, nirkabel atau printer Bluetooth.
  • Dalam daftar printer yang tersedia, pilih yang ingin sobat gunakan, dan kemudian klik Berikutnya. (Jika komputer sobat terhubung ke jaringan, hanya printer yang terdaftar di Direktori Aktif untuk domain sobat yang ditampilkan dalam daftar.)
    Jika diminta, instal driver printer di komputer sobat dengan mengklik Install driver.
  • Diperlukan izin administrator
  • Jika sobat dimintai kata sandi administrator atau konfirmasi, ketikkan kata sandi atau berikan konfirmasi.
  • Selesaikan langkah-langkah tambahan di wisaya, dan kemudian klik Selesai.

 

Printer yang tersedia dapat menyertakan semua printer di jaringan, seperti Bluetooth dan printer nirkabel atau printer yang dicolokkan ke komputer lain dan dibagikan di jaringan. sobat mungkin perlu izin untuk menginstal beberapa printer. sobat dapat memastikan printer berfungsi dengan mencetak halaman uji. Setelah printer sobat diinstal, sobat dapat tetap up to date dengan pembaruan driver Windows 7 otomatis.

Pastikan kabel listrik printer terhubung ke outlet listrik dan saklar daya dihidupkan. Jika sobat mencetak ke printer bersama atau printer di jaringan, pastikan semua komputer dan router yang diperlukan juga dihidupkan. Jika printer sobat atau peralatan lain dicolokkan ke pelindung lonjakan arus atau catu daya cadangan, pastikan perangkat keras dicolokkan dan dihidupkan juga.

Jika sobat menggunakan printer kabel, pastikan kabel printer terhubung dengan benar dari printer ke PC sobat. Untuk printer nirkabel, periksa koneksi nirkabel. Pastikan opsi nirkabel printer dihidupkan dan tersedia. Banyak printer memiliki tombol yang menampilkan ikon nirkabel biru ketika nirkabel tersedia.

Selanjutnya, jalankan uji konektivitas nirkabel printer. Baca instruksi yang menyertai printer atau periksa situs web produsen printer untuk instruksi tentang cara melakukan ini. Pemecah masalah adalah alat otomatis yang dapat menemukan dan secara otomatis memperbaiki beberapa masalah dengan PC sobat. Pemecah masalah pencetakan dapat memperbaiki masalah dengan menginstal dan menghubungkan ke printer.

Sebagian besar printer memerlukan perangkat lunak driver untuk berfungsi dengan baik. Jika sobat baru saja memutakhirkan dari satu versi Windows ke yang lain, mungkin saja driver printer saat ini untuk versi Windows sebelumnya. Jika sobat mengalami pemadaman listrik, virus, atau masalah komputer lainnya baru-baru ini, mungkin saja drivernya menjadi rusak. Mengunduh dan menginstal driver terbaru untuk printer sobat dapat menyelesaikan masalah jenis ini.

Tiga cara untuk menemukan dan menginstal driver:

  • Gunakan Pembaruan Windows. Pembaruan Windows mungkin memiliki versi terbaru dari driver printer sobat.
    Instal perangkat lunak dari produsen printer. Jika printer sobat disertai dengan disk, disk itu mungkin berisi perangkat lunak yang menginstal driver untuk printer tersebut.
    Unduh dan instal drivernya sendiri. sobat dapat mencari driver di situs web pabrikan. Coba ini jika Pembaruan Windows tidak dapat menemukan driver untuk printer sobat, dan printer tidak disertai dengan perangkat lunak yang menginstal driver.
  • Untuk Windows 8.1
    Untuk mencetak halaman web menggunakan Internet Explorer, klik tombol Tools, pilih Print, lalu pilih Print lagi. Lihat seperti apa halaman yang dicetak dengan memilih Print Preview. Atau, cetak halaman dengan menekan Crtl + P. Untuk hanya mencetak gambar dari halaman (dan bukan seluruh halaman), klik kanan pada gambar, dan pilih Print. Di kotak dialog Cetak, pilih Cetak lagi.
  • Untuk Windows 7
    Untuk mencetak halaman web menggunakan Internet Explorer, tekan Crtl + P dan pilih printer mana yang sobat instal untuk dicetak.

 

Demikian tutorial Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi Komputer Pada Windows 7, semoga dapat bermanfaat dan membantu sobat dalam mengatasi printer yang tidak dapat terhubung pada perangkat Windows 7.

Cara Mencetak ke PDF di Windows
Cara Mencetak ke PDF di Windows
Cara Mencetak ke PDF di Windows – Tidak
Pengaturan Printer di Windows 10
Pengaturan Printer di Windows 10
Pengaturan Printer di Windows 10 – Windows 10
Cara Membersihkan Printhead Printer Epson
Cara Membersihkan Printhead Printer Epson
Cara Membersihkan Printhead Printer Epson – Epson adalah
Cara Menghapus Kode Kesalahan Canon
Cara Menghapus Kode Kesalahan Canon
Cara Menghapus Kode Kesalahan Canon –  Kode

Leave a reply "Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi Komputer Pada Windows 7"


Top
error: Content is protected !!