Tutorial Lengkap Cara Memasang Infus Printer Dengan Mudah

In Tips

SeputarPrinter.Com – Printer adalah perangkat yang dapat dihubungkan ke perangkat komputer ataupun laptop dengan fungsi utama sebagai alat cetak. Printer ini bisa mencetak dokumen berupa teks dan juga gambar dengan menggunakan media kertas. Perkembangan teknologi yang kian pesat, printer juga semakin dibutuhkan oleh berbagai kalangan.

Di era modern seperti ini printer tidak hanya dibutuhkan pada instansi perusahaan saja. Namun, beberapa orang rumahan juga membutuhkan printer sebagai pencetak teks terutama bagi mereka yang harus menyelesaikan tugas dalam bentuk print out. Peluang luas dari usaha percetakan juga membuat banyak kalangan untuk memutuskan berbisnis percetakan dengan menggunakan printer yang berkualitas.

Pada dasarnya printer terbagi menjadi beberapa jenis yaitu printer Inkjet, printer Laserjet, printer Dot matrix dan juga printer infus (Lihat: Perbedaan Printer Inkjet, Laserjet, dan Dot Matrix). Untuk kali ini kami akan membahas tentang printer infus dan bagaimana cara memasang infus printer tersebut. Banyak kalangan yang memilih printer infus karena memiliki beberapa keunggulan yang akan memudahkan mereka selama mengoperasikannya.

gambar cara memasang infus printer

Memilih printer infus jangan memperhatikan harganya yang murah namun, pertimbangkan spesifikasi yang dimilikinya. Dengan demikian anda bisa memastikan awet atau tidaknya printer infus yang akan anda beli itu. Setelah mendapatkan pilihan tepat anda perlu mengetahui dasar tentang perawatan printer infus kemudian, pemasangan infus printer dan juga proses pengisian tinta pada printer infus tersebut.

Kali ini seputarprinter.com akan memberikan informasi tentang cara-cara memasang infus printer yang mudah. Pertama-tama pembaca seputarprinter.com harus menyediakan peralatan atau perlengkapan yang digunakan saat memasang infus printer.

Peralatan:

  1. Dumper infus 4 warna
  2. Roller selang
  3. Selang infuse 8, 6, dan 4 jalur
  4. Obeng Bor
  5. Karet knee
  6. Knee L
  7. Tutup tabung infuse 4 warna (lengkap)
  8. Tutup ventilator udara bebas debu.
  9. Penyedot tinta catridge
  10. Suntikan/spluit

Untuk penjelasan masing-masing peralatan diatas akan kita bahas di postingan selanjutnya. Sekarang kita menuju ke cara memasang infus printer.


Langkah-langkah Memasang Infus Printer

Setelah melengkapi peralatan diatas, saatnya kita menuju kepembahasan utama yaitu cara memasang infus printer dibawah ini:

  • Bongkar printer, menjadi langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memasang infus printer. Caranya mudah dimana anda cukup melepas semua skrup yang ada ini terletak dibagian kiri, kanan dan juga atas mesin printer.
  • Kedua, angkat cover scaner kemudian lepas semua komponen scaner yang menempel pada body printer caranya juga tidak sulit. Jadi ketika sudah terbuka anda cukup melepas semua komponen yang melekat di scaner.
  • Ketiga, lepaskan printer cover dengan cara sedikit memukul-mukuln dibagian covernya. Pukulan jangan dilakukan terlalu keras supaya tidak mengalami kerusakan.
  • Jika sudah terlepas, langkah selanjutnya adalah membuat dua buah lubang tepat pada bagian kanan printer dengan menggunakan mesin Bor. Lubang ini akan digunakan sebagai pengikat tabung tinta ke body. Dengan demikian pastikan jarak antara kedua lubang itu pas dengan ukuran tabung. Jangan terlalu panjang dan jangan terlalu pendek ukur terlebih dahulu sebelum melubangi.
  • Setelah membuat lubang bulat dengan bor kini anda perlu membuat lubang persegi dengan menggeraji cover. Tujuannya untuk menjepit selang infus printer yang akan digunakan.
  • Ambil kedua cartridge kemudian lepas stikernya.
  • Untuk cartidge warna beri tiga lubang, untuk paling atas (magenta), buatlah lubang ini dibagian kiri jangan tepat ditengah, karena pembuatan dibagian tengah bisa benturan dengan carriage printer anda.
  • Buat lubang cartridge hitam disebelah kiri cartridge.
  • Berikan lem lilin di cartridge warna, lem ini diberi pada bagian atas supaya udara tidak masuk kedalam cartridge.
  • Buka tabung tinta dari kemasannya kemudian buka penutup bagian depannya dan angkat selang tinta tersebut.
  • Lipat selang dengan menggunakan karet gelang supaya tinta tidak tumpah.
  • Pasang semua komponen infus, tidak terkecuali cincinya.
  • Atur selang dengan panjang yang sesuai.
  • Ambil lakban kemudian tempelkan tepat dibagian belakang cover.
  • Terakhir pasang cover dan komponennya pada body printer dan jangan lupa ikat tabung ke body printer.


Video Tutorial Cara Memasang Infus Printer

You must like for see the content!!

Seperti itulah cara memasang infus printer yang bisa pembaca seputarprinter.com jadikan refrensi. Semoga dapat membantu. Jika masih ada yang kurang jelas, bisa langsung menanyakan di kolom komentar yang telah disediakan.

Loading...
Cara Mengatasi Tinta Cartridge Keluar Terus Menerus
Cara Mengatasi Tinta Cartridge Keluar Terus Menerus
SeputarPrinter.com – Cara Mengatasi Tinta Catridge Keluar
Penyebab Tinta Brother Tidak Terdeteksi dan Cara Mengatasinya
Penyebab Tinta Brother Tidak Terdeteksi dan Cara Mengatasinya
SeputarPrinter.com – Penyebab Tinta Brother Tidak Terdeteksi, Beberapa printer
Penyebab dan Cara Mengatasi Tinta Printer yang tidak Terdeteksi
Penyebab dan Cara Mengatasi Tinta Printer yang tidak Terdeteksi
SeputarPrinter.com – Cara mengatasi tinta printer yang tidak
Tips Mencetak Foto Agar Hasil Maksimal dengan Kualitas Tinggi
Tips Mencetak Foto Agar Hasil Maksimal dengan Kualitas Tinggi
SeputarPrinter.com – Tips Mencetak Foto Agar Hasil
Tags: cara infus printer, cara memasang infus printer, cara pasang infus printer, cara memasang infus pada printer, cara memasang tinta infus, canon e400 infus, cara membuat printer infus, cara menginfus printer, cara infus printer canon, cara memasang infus canon e400
  1. author

    nes6 months ago

    Min, kalo cara melepas infus printer gimana yak? Saya mau balik lagi pake print catridge biasa aja. Mohon infonya min. thx

    Reply

Leave a reply "Tutorial Lengkap Cara Memasang Infus Printer Dengan Mudah"


Top